THE LATEST IN KARYA

Sep
8

Jingle IKOM


Written by admin on page Karya
Sep
8

Talenta Pro Patria Et Humanitate


Bakat dan Pemberian Allah jangan hanya kau sembunyikan
Persembahkan seluruhnya kepada nusa, bangsa dan tanah air
-- Mgr. Albertus Soegijapranata --

Read More
Written by admin on page Karya
Sep
8

14 tahun Teknik Informatika


Written by admin on page Karya
Jul
29

SISTEM INFORMASI PENGHUNI DORMITORY ST. TERESA AVILA UNIKA SOEGIJAPRANATA


OLEH : CHRISTIAN MARYO XAVERIUS
    
 Sistem Informasi Penghuni Dormitory St. Teresa Avila UNIKA Soegijaranata merupakan pengembangan web aplikasi yang saya kembangkan demi menyelesaikan matakuliah workshop. Bukan tanpa alasan saya memilih mengembangkan web aplikasi di Dormitory St. Teresa Avila, keinginan untuk menciptakan suatu sistem berbasis web aplikasi  yang benar – benar baru, tanpa meniru sistem yang pernah dibuat oleh orang lain adalah alasan utama saya menciptakan web aplikasi untuk Dormitory ini.
Web aplikasi yang saya ciptakan dapat menjawab permasalahan – permasalahan yang ada di Dormitory St. Teresa Avila. Berikut beberapa fitur yang saya sematkan pada web aplikasi untuk Dormitory St. Teresa Avila:
1. User Friendly
Web aplikasi kemas dengan tampilan yang sangat user friendly dan kekinian sehingga memudahkan user dan admin dalam menggunakan web aplikasi ini. Terlihat tampilan dashboard admin dan profile penghuni yang menampilkan data – data yang lengkap dengan menarik.

Serta terdapat aside yang menampilkan penghuni yang sedang berulang tahun, dan akses cepat untuk melihat daftar calon penghuni yang sudah mendaftar.

2. Pendaftaran Online
Pendaftaran Online bagi calon penghuni baru, calon penghuni dapat mengetahui sisa kamar yang tersedia serta mendapat konfirmasi email ketika berhasil melakukan pendaftaran online. Formulir pendaftaran online secara otomatis tidak berfungsi jika kamar sedang penuh.

3. Smart Button
Fitur Smart Button yang memungkinkan mengurangi kesalahan admin dalam mengelola data – data yang ada. Cara kerja fitur ini adalah berupa unable dan enable button secara otomatis berdasarkan beberapa kondisi yang ada. Sehingga admin tertuntun step by step dalam mengelola data.

4. Output Laporan
Hasil dari data – data yang di kelola oleh web aplikasi dapat di cetak kedalam bentuk PDF guna menjadi laporan pertanggung jawaban admin oleh berbagai pihak.

5. Backup dan Restore Data
Backup dan restore data adalah layanan keamanan, fitur ini merupakan fitur opsi yang ditawarkan oleh admin jika web aplikasi tidak menggunakan layanan backup dan restore data dari layanan hosting.

Sekian beberapa fitur yang terdapat pada web aplikasi yang saya ciptakan. Saya berharap web aplikasi ini menjadi awal pengimpementasian sistem komputerisasi pada  suatu asrama atau tempat tinggal mahasiswa, sehingga dapat menjadi percontohan atau asal mula sistem komputerisasi bagi banyak asrama yang ada.

 

Read More
Written by admin on page Karya
Jul
28

Dispenser Otomatis


Project ini dikembangkan oleh Nicko Adetya, Andri Sofyan dan Revano Septaloka. Prinsip kerja dari perangkat ini:

  1. Test Sensor Infrared Obsacle untuk menghidupkan Pengisian air, dimana awalnya akan mendeteksi gelas dan lampu LED akan menyala sebagai indikator.

  2. Test Motor Servo untuk memudahkan pengisian air lebih dari 1 gelas sesuai dengan derajat yang di tentukan.

  3. Test Sensor ultrasonic untuk menentukan jarak di atas permukaan air, apabila sudah sesuai dengan jarak yang di tentukan dalam program maka aliran air ke gelas akan berhenti yang di tandai dengan Lampu LED akan Mati.

  4. Membuat rangkaian dengan menggabungkan sensor infrared obstacle, sensor ultrasonic dan motor servo dalam 1 white board

Alat yang dibutuhkan: Arduino Uno, Sensor Ultrasonik, Sensor Infrared Obsacle, Motor Servo, Kabel Male + Female, Resistor, LED

 

Read More
Written by admin on page Karya
Jul
28

ALARM CAHAYA FREKUENSI


Penggunaan alarm di pagi hari dengan perangkat adruiono merupakan hasil karya dari Christian Arya dan Rendy Himawan. Project ini menggunakan beberapa komponen yaitu Arduino Uno, Kabel USB, Breadboard / Project Board, Sensor LDR (Sensor Cahaya),  Buzzer,  Sensor LM567( Sensor penangkap suara frekuensi ), Resistor, Kabel Male-Male & Male-Female.

Prinsip kerja dari project ini cukup sederhana; Ketika sensor cahaya menangkap cahaya yang sudah di set 1000 di coding maka akan membunyikan buzzer, jadi buzzer akan berbunyi/ ON. Kemudian setelah Buzzer ON dan mengeluarkan bunyi dengan frekuensi 1000 yang sudah di set di coding maka selanjutnya yang bekerja adalah sensor LM567 yang kana mengakpan suara frekuensi dari buzzer. Setelah diterima oleh sensor suara (LM 567) yang menerima frekuensi suara dari Buzzer maka lampu led akan menyala/on.

Read More
Written by admin on page Karya
Jul
28

Alat Deteksi Banjir


Alat deteksi banjir dibuat dengan tujuan pencegahan ketika akan terjadinya bencana banjir khususnya di daerah yang rawan banjir dengan menggunakan metode peringatan berdasarkan level. Terdapat 3 level yaitu level awas, siaga, dan bahaya. Level ini diketahui dengan memantau lampu yang dinyalakan oleh alat deteksi. Project ini dibuat oleh Cornelius Juniko Santoso (13.02.0059), Antonius George R. E. B. P. (13.02.0063), Fx. Aditya Indra P. R. (13.02.0065)

Komponen yang digunakan dalam project Alat Deteksi Banjir :

2 buah arduino, 2 buah sumber daya (powerbank atau yang lain bervoltase 5V),  6 buah LED,  6 buah resistor, 1 buah sensor jarak HC-SR04, 1 buah buzer, Sepasang radio 433 MHz (transimtter dan receiver), 2 buah bread board, Kabel male-male secukupnya, Teko (miniatur dari bendungan/parit/sungai)

Read More
Written by admin on page Karya
Jun
30

APLIKASI UJIAN ONLINE



 Web ini dibuat bekerja sama dengan PT RECTMEDIA dan diperuntukkan untuk para guru/pengajar untuk lingkungan pembelajaran sekolah maupun untuk guru les private.

Sistem ujian online ini memiliki banyak keuntungan antara lain :

  1. Sistem ujian ini memakai sistem perandoman soal sehingga siswa dipastikan mendapat soal yang berbeda antara satu sama lain.
  2. Para Guru bisa membuat kategori/paket soal sesuai dengan materi yang diujikan.
  3. Ada fasilitas aktif dan non aktif untuk kategori soal yang dibuat, apabila status kategori non aktif maka soal tidak bisa dimunculkan
  4. Bagi pengajar soal yang dibuat secara otomatis akan tersimpan sehingga dapat digunakan berulang. (bank soal)
  5. Setiap kategori juga bisa diberikan setting batasan waktu pengerjaan
  6. Koreksi jawaban dilakukan otomatis oleh sistem
  7. Paperless
  8. Ujian dapat dilakukan dimana saja.
  9. Siswa dapat secara langsung mengetahui nilai yang diperoleh dan jawaban yang benar

Semoga dengan memakai website yang saya buat dapat membantu proses berlangsungnya kegiatan pembelajaran di sekolah.Terima Kasih.

Oleh : Edwin Sanjaya 13.02.0009

Teknik Informatika 2013

Read More
Written by admin on page Karya
Jun
29

Sistem Parkiran Automatis


Sistem pengaturan parkiran secara automatis akan mendeteksi kendaraan yang keluar dan masuk tempat parkir, memberikan catatan counter sehingga memudahkan pengendara mendapatkan informasi terkait ketersediaan tempat parkir.

Tugas embedded yang dibuat oleh Antonius Maria Rangga, Antonius Widjaja dan Donny Kurniawan ini menggunakan peralatan Arduino, Lampu LED, Kabel Jumper, Breadboard, Sensor Obstacle, Servo, Gunting/Cutter dan peralatan barang bekas kardus dan lem.

1
.
A
r
d
u
i
n
o
U
N
O
(
1
b
u
a
h
)
2
.
L
a
m
p
u
L
E
D
(
4
b
u
a
h
)
3
.
K
a
b
e
l
J
u
m
p
e
r
(
M
a
l
e
/
F
e
m
a
l
e
)
4
.
B
r
e
a
d
B
o
a
r
d
(
1
b
u
a
h
)
5
.
S
e
n
s
o
r
O
b
s
t
a
c
l
e
(
5
b
u
a
h
)
6
.
S
e
r
v
o
(
1
b
u
a
h
)
7
.
G
u
n
t
i
n
g
8
.
C
u
t
t
e
r
B
a
h
a
n
:
1
.
K
a
r
d
u
s
B
e
k
a
s
2
.
S
o
l
a
s
i
3
.
L
e
 
Read More
Written by admin on page Karya
Jun
29

Mendigitalkan Proses Skripsi



Proses skripsi menjadi bagian penting dalam proses administrasi di perguruan tinggi. Proses pendaftaran skripsi dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, pembagian dosen pembimbing dan jadwal ujian sampai dengan proses mengadministrasikan keseluruhan proses tersebut adalah proses rutin yang berlangsung di setiap semester.

Proses yang sedemikian panjang, tentunya membutuhkan efektifitas kerja dan efisiensi waktu; menggunakan proses manual tentunya tidak terselesaikan dengan cepat. Oleh karena itu, Daniel Ananta (mahasiswa angkatan 2013) menawarkan proses skripsi tersebut dalam bentuk digitalisasi. Sebagai pilot project, program studi Teknik Informatika menggandeng program studi Teknologi Pangan untuk mengimplementasikan proses digitalisasi tersebut.

Hasil dari proses digitalisasi adalah sebuah sistem informasi mempu mengkolaborasikan proses yang harus dilakukan oleh dosen, tenaga administrasi dan mahasiswa. Antara lain:

  1. Administrasi memasukkan data dosen
  2. Dosen diberikan username dan password untuk mengakses akun miliknya
  3. Dosen menginputkan jadwal kosong untuk keperluan menguji ujian skripsi.
  4. Administrasi memverifikasi jadwal yang diinputkan para dosen
  5. Dosen dapat melihat jadwal dimana dirinya menguji
  6. Administrasi memasukkan persyaratan ujian proposal, ujian skripsi, dan ujian pendadaran
  7. Mahasiswa mendaftar ujian skripsi
  8. Administrasi memasukkan data mahasiswa yang akan mengikuti ujian skripsi
  9. Mahasiswa diberikan username dan password untuk mengakses akun miliknya
  10. Mahasiswa mengakses akun miliknya dan input topik dan calon dosen pembimbing
  11. Mahasiswa upload persyaratan untuk pengambilan skripsi
  12. Administrasi cek persyaratan yang diupload tiap mahasiswa
  13. Administrasi menjadwalkan mahasiswa untuk ujian, termasuk menyediakan berbagai form (berita acara ujian, pengumuman, dan lain-lain)
  14. Administrasi input hasil / nilai mahasiswa.

Ujia coba sistem dimulai bersama antara program studi Teknik Informatika dan program studi Teknologi Pangan mulai tahun ajaran baru 2016/2017 dan akan dilakukan berbagai pengembangan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan program studi.

Read More
Written by admin on page Karya
Total Visitors

92268

Category

+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
Twitter