SISTEM INFORMASI KKU/KKN UNIKA SOEGIJAPRANATA



Kegiatan pengabdian masyarakat di Unika Soegijapranata Semarang berlangsung setiap semester dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan KKU (Kuliah Kerja Usaha). Kegiatan ini dikoordinir oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata.

Kegiatan KKN/KKU melibatkan mahasiswa Unika dalam mendampingi masyarakat secara berkelompok. Awalnya semua kegiatan administrasi yang menyangkut kegiatan KKN/KKU ditangani secara manual. Mahasiswa mengajukan pendaftaran terlebih dahulu dan melengkapi sejumlah syarat administrasi seperti pembayaran, transkrip nilai dan berbagai keperluan administrasi lain. Setelah kelengkapan syarat diajukan, maka proses pembagian kelompok dilakukan oleh staff LPPM, diumumkan kepada mahasiswa termasuk menentukan dosen pembimbing lapangan (DPL) dan mahasiswa asisten pendamping lapangan (APL). Setiap DPL diberi kriteria standar penilaian selama proses KKN/KKU berlangsung; standar yang disimpan dalam bentuk form kemudian dikirimkan kembali ke LPPM untuk dilakukan rekapitulasi setelah pelaksanaan kegiatan KKN/KKU selesai dilakukan.

Semua proses tersebut selama ini berlangsung secara manual sehingga menimbulkan beberapa kesulitan. Kesulitan dikategorikan dalam dua hal yaitu yang pertama adalah efisiensi waktu dalam proses pembagian kelompok, DPL dan APL; yang kedua adalah efektifitas kerja dimana pembagian secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama dan dalam banyak hal terjadi kesalahan dalam proses pembagian kelompok, DPL maupun APL sampai dengan kesulitan administrasi lainnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, maka mahasiswa Teknik Informatika menawarkan solusi komputerisasi untuk program KKN/KKU tersebut. Program komputer dibuat oleh Sie Ricky Gunawan Setya (mahasiswa angkatan 2013) dengan sejumlah keunggulan, antara lain:

  1. Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran data diri secara online
  2. Mahasiswa dapat mengetahui hasil dari pembagian kelompok
  3. Mahasiswa dapat mengirim laporan observasi dan laporan akhir secara online
  4. Mahasiswa dapat mencari letak lokasi tempat KKU/KKN
  5. LPPM dapat melakukan pembagian kelompok KKU/KKN secara manual maupun otomatis
  6. LPPM dapat menunjuk DPL dan APL melalui sistem kemudian mengumumkan kepada mahasiswa secara online
  7. LPPM dapat menjabarkan form penilaian dalam bentuk file spreadsheet, mengirimkan kepada DPL dan APL via E-Mail secara otomatis
  8. Penilaian yang sudah diinputkan oleh DPL dapat di-upload kembali ke sistem dan sistem dapat menerbitkan summary data akhir berupa nilai yang memudahkan sekretariat LPPM mengupload nya ke Sintak nilai online
  9. LPPM dapat mengecek hasil dari laporan observasi dan laporan akhir yang telah di-upload oleh mahasiswa
  10. Setelah nilai telah di-upload, LPPM dapat melakukan rekapan nilai setiap progdi yang mendaftar di KKU/KKN
  11. LPPM dapat mengirimkan pengumuman baik kepada mahasiswa, DPL, APL, atau kelompok tertentu baik melalui E-Mail maupun melalui SMS

 


at Monday, 27 June 2016 | 15:03:32 - Download this post as PDF

Written by admin on page Karya







Total Visitors

92246

Category

+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
Twitter