Sambutan Dekan Acara Wisuda Fakultas Ilmu Komputer, 25 April 2014



Yang saya muliakan, bapak/ibu/orang tua/wali calon wisudawan/wisudawati Fakultas Ilmu Komputer,

Yang saya hormati Bapak, ibu dosen dan staff kependidikan di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer,

Yang saya banggakan, calon wisudawan/wisudawati Fakultas Ilmu Komputer

 

Ini adalah pertama kalinya, selama bertahun-tahun saya menjabat sebagai pimpinan Fakultas Ilmu Komputer, memberikan sambutan dalam acara wisuda Fakultas secara tertulis. Biasanya, saya memberikan sambutan tanpa teks, hal ini menunjukkan betapa spesialnya acara wisuda Fakultas kali ini. Memang spesial, karena kali ini yang di-wisuda adalah mahasiswa-mahasiswa yang pernah mengharumkan nama Fakultas Ilmu Komputer. Catatan-catatan prestasi itu sering saya sampaikan dalam berbagai forum resmi berbagai pertemuan sebagai bagian dari kebanggaan kami para dosen dalam mendidik mahasiswa-mahasiswi kami.

Namun kali ini, sambutan saya bukan pada segudang prestasi, namun saya ingin berbicara lebih banyak tentang KERENDAHAN HATI. Beberapa waktu yang lalu, saya membawakan materi Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) di Kopeng, Salatiga. Dalam materi yang saya paparkan, lebih banyak berbicara tentang kerendahan hati; bahwa kebesaran maupun keagungan seseorang bukan diakui karena arogansi kesombongan dan keangkuhan, namun karena kerendahan hatinya. Saya akan menyinggung kembali materi tersebut dalam sambutan kali ini.

Ada sebuah cerita dalam Kitab Suci yang sangat indah menggambarkan tentang makna kerendahan hati. Seorang pemungut pajak di kota Yerikho bernama Zakheus adalah orang yang digambarkan pendek, gemuk, dan sangat licik. Dalam hidupnya, segala cara dia lakukan untuk mencapai ambisi pribadinya. Suatu hari, dia mendengar Tuhan datang ke kota itu dan dia sangat berambisi untuk melihat Tuhan lebih dekat. Karena tubuhnya pendek, dia tenggelam di antara kerumunan orang banyak; akhirnya dia memutuskan untuk memanjat pohon ara sehingga bisa melihat Tuhan. Di bagian akhir dari cerita itu, walaupun Zakheus tidak disukai oleh lingkungannya, namun Tuhan datang dan berkunjung ke rumah Zakheus dan menjadikan Zakheus sebagai pribadi yang rendah hati.

Banyak sekali Zakheus di sekitar kita; orang-orang yang mengejar ambisi pribadi, mengejar prestasi dengan melakukan cara-cara yang sangat kotor. Bahkan rela bersikap seperti Zakheus; menabrak kerumunan orang-orang, mungkin ada yang jatuh, ada yang merasa tersakiti dengan tindakannya, namun Zakheus tidak peduli. Bahkan hanya untuk mencapai ambisi pribadinya dapat melihat Tuhan, Zakheus pun rela memanjat pohon ara.

Zakheus-zakheus seperti itu bisa kita temukan di sekitar kita. Banyak Zakheus yang memanfaatkan arogansi kekuasaan, kesombongan jabatan, keangkuhan pribadi, menganggap diri lebih hebat daripada orang lain, mengadu domba sana sini dengan penuh kelicikan, bahkan memanfaatkan orang lain sebagai boneka untuk mencapai ambisi dan tujuan pribadi yang tidak terpuji.

Wisudawan/Wisudawati yang berbahagia dan Bapak/Ibu yang saya hormati,

Ilmu Komputer mungkin menjadi satu-satunya Fakultas yang menarasikan makna kerendahan hati dengan sangat indah melalui visi dan misinya; yaitu membangun lingkungan yang subur yang selalu memberi pengaruh baik bagi mahasiswa sehingga mampu mengatakan “tidak” bagi pengaruh buruk. Mari kita semua memberi pengaruh baik bagi lingkungan kita yaitu menjadi pribadi yang rendah hati. Katakan “tidak” terhadap kesombongan, keangkuhan, kelicikan, ambisi yang kebablasan dan semua pengaruh buruk dari luar.

 

Sekali lagi, kebesaran maupun keagungan seseorang bukan diakui karena arogansi kesombongan dan keangkuhan, namun karena kerendahan hatinya. Profisiat bagi Anda semua; sampaikan kabar baik kepada semua orang, bahwa Anda adalah lulusan dari Fakultas Ilmu Komputer yang memiliki kerendahan hati.

 

 

Semarang, 25 April 2014

Dekan Ilmu Komputer,

 

 

Marlon Leong. S.Kom., M.Kom

 

 

Mengenal diri sendiri membuat kita berlutut dengan rendah hati - Bunda Teresa dari Calcuta


at Thursday, 15 May 2014 | 07:27:57 - Download this post as PDF

Written by admin on page Pojok TI







Total Visitors

92260

Category

+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
Twitter